Talkshow dan Deklarasi Anti Narkoba "MIRASANTIKA" (13/7)
Talkshow dan Deklarasi Anti Narkoba "MIRASANTIKA" (13/7)

Bertajuk MIRASANTIKA, ARTIPENA Muda Universitas Mercu Buana Ingatkan Kepedulian Mahasiswa Akan Narkoba

Dalam rangka memperingati Hari Narkotika Internasional (HANI) 2019, UKM Artipena Muda Universitas Mercu Buana menyelenggarakan serangkaian acara Prevensi Anti Narkoba bertajuk “Millenials Beraksi Bersama Kuliti Narkoba” (MIRASANTIKA) yang berlangsung antara 26 Juni sampai 13 Juli 2019. Kegiatan yg dimaksud antara lain Kampanye dengan sitiker, poster, banner, mendatangkan K-9, Lomba Vlog anti narkoba diakhiri dengan talkshow dan Deklarasi Anti Narkoba di Auditorium Universitas Mercu Buana pada 13 Juli 2019.

Wakil Rektor UMB Dr. Hadri Mulya, M.Si.
Wakil Rektor UMB Dr. Hadri Mulya, M.Si.

Acara talkshow dibuka oleh Wakil Rektor Dr. Hadri Mulya, M.Si., selain dihadiri para mahasiswa juga hadir para dosen, dan Pembina kemahasiswaan serta Delegasi para aktivis Anti Narkoba dari perguruan tinggi lain didampingi oleh struktural. Dalam sambutannya Wakil Rektor Universitas Mercu Buana Dr. Hadri Mulya, M.Si. menekankan perlunya para mahasiswa sebagai penerus generasi bangsa untuk bersama sama berjuang melawan proxy war kejahatan Narkoba yg dapat mengancurkan generasi muda bangsa.

Kegiatan ini juga mengundang beberapa perguruan tinggi lainnya, seperti : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Budi Luhur, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah, Kalbis Institute, Institut Teknologi Alkamal, Universitas Bina Sarana Informatika,STIK St. Carolus, Politeknik Manufaktur (Polman) Astra, Akademi Televisi Indonesia (ATVI), Akademi Refraksi Optisi (ARO) Leprindo dan perwakilan Fornas MAPAN (Forum Nasional Mahasiswa Anti Narkoba).

Wildah DJ, M.Si. (Kasubdit Lingkungan Pendidikan BNN).

Sebagai keynote speaker, Ibu Wildah DJ, M.Si (Kasubdit Lingkungan Pendidikan BNN) secara gamblang memberikan penjelasan jenis jenis Narkoba dan berbagai modus Operandi peredarannya. BNN sebagai leading sector telah bekerjasama dengan Bea Cukai, Kepolisian dan instansi lain. Namun masih terkendala dengan kapasitas Institusi dan SDM yang belum menjangkau cakupan wilayah nusantara, sehingga perlu dukungan berbagai pihak termasuk kalangan perguruan tinggi dan masyarakat dalam mencegah dan meberantas peredaran gelap Narkoba.

Mewakili ARTIPENA, Ir. Zainal Arifin, M.T. memberikan pemaparan terkait P4GN di lingkungan perguruan tinggi

Ir. Zainal Arifin, MT mewakili Artipena yang sekaligus sebagai Pembina Atipena Muda di UMB berharap agar para mahasiswa aktivis Anti Narkoba di kampus memiliki sikap kerelawanan dan komitmen sebagai garda terdepan untuk mencegah kejahatan Narkoba. Oleh karena itu diperlukan revitalisasi dan peningkatan kapasitas sumberdaya dan kelembagaan Satgas/UKM, sehingga mampu menjalankan program P4GN berbasis Tri Darma dalam rangka terwujudnya kampus bersih Narkoba. Dalam talkshow juga dihadirkan testimonI ibu Wartini, seorang ibu yang anaknya menjadi korban penyalahgunaan Narkoba sampai meninggal di Lapas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*